Jumat, 09 Mei 2008

Abstrak Penelitian_2

Pengaruh Promosi Kesehatan dalam Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Pekerja untuk Pencegahan Penyakit Akibat Kerja di Perusahaan Meubel PT. Yunesia Tanjung Morawa
Oleh: Linda T.H. Marpaung dan Edi Subroto

Penyakit akibat kerja dapat timbul setelah seorang pekerja yang tadinya terbukti sehat memulai pekerjaanya menjadi sakit selama dan setelah bekerja. Penyakit akibat kerja dapat disebabkan oleh pemajanan di lingkungan kerja, pekerjaan yang berisiko, dan perilaku pekerja yang buruk.
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ceramah dan brosur terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap dalam pencegahan penyakit akibat kerja di Perusahaan Meubel PT. Yunesia Tanjung Morawa. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimental dengan rancangan non equivalent control group design dengan pretest-postest dimana rancangan ini tidak ada kelompok pembanding (kontrol). Populasi adalah semua pekerja pada bagian produksi di perusahaan Meubel PT. Yunesia Tanjung Morawa yang berjumlah 56 orang, dengan sampel sebanyak 30 orang berdasarkan purposive sampling. Analisis menggunakan Paired Sample T-Test.
Berdasarkan hasil analisis pengetahuan diperoleh t hitung adalah -21,980 dengan probabilitas (p) = 0,000 (p<0,05).
Kata Kunci: Promosi Kesehatan, Pengetahuan dan Sikap Pekerja, serta Pencegahan Penyakit Akibat Kerja

Tidak ada komentar: